Kamis, 30 Januari 2020

Hal Penting Bagi Orangtua Saat Buah Hati Mulai Belajar Berjalan

Berita Terbaik - Saat si kecil mulai belajar berjalan, setiap Orangtua harus mendorong mereka dengan segala cara yang memungkinkan agar benar-benar membuatnya mampu berjalan. Ketika balita mulai berjalan, Orangtua harus selalu berada di samping mereka untuk memastikan bahwa mereka aman. 
Mengasuh anak balita bisa menjadi tantangan karena ayah dan bunda tidak akan tahu tentang apa yang akan mereka lakukan pada langkah berikutnya. Tips berjalan balita pertama yang perlu diingat setiap Orangtua adalah untuk memastikan bahwa semua benda disekitarnya aman.
Anak-anak pada saat ini menjadi jauh lebih ingin tahu untuk menyentuh hal-hal yang tidak seharusnya mereka sentuh. Saat balita mulai berjalan, ayah dan bunda juga harus menjauhkan hal-hal yang dapat membahayakan mereka karena Kamu tidak pernah tahu ke mana kaki kecil mereka akan membawa mereka melangkah.
Maka dari itu, Orangtua perlu mengawasi mereka dengan cermat karena kaki mereka mungkin tidak stabil untuk menonjol selama beberapa langkah yang mereka ambil. Berikut ini kiat pengasuhan untuk balita yang baru mau berjalan yang AkuratParenting lansir dari Boldsky:
Jauhkan benda tajam 
Para Orangtua harus memastikan bahwa tidak ada benda tajam di mana pun dalam jangkauan anak yang tengah belajar berjalan. Tidak peduli seberapa tinggi buah hatimu, karena ada kemungkinan ia masih menjangkau instrumen tajam. Ini adalah Tips pengasuhan anak pertama yang perlu diingat ketika balita mulai berjalan. 
Jangan lepaskan tangan mereka
Apa pun yang ayah dan bunda lakukan, jangan pernah lepaskan tangan mereka. Mereka akan membutuhkan dukungan orangtuanya hanya dengan bantuan. Ketika balita mulai berjalan, pegang kedua tangannya, ayah bisa menggenggam tangannya di satu sisi dan bunda menggenggam di sisi lain. 
Dorong mereka untuk berjalan
Mendorong balita untuk berjalan akan membuat mereka tidak jatuh. Kita semua membutuhkan sedikit dorongan dari waktu ke waktu. Namun, jangan terlalu memaksakan anakmu saat dia sudah mulai bisa berjalan sendiri.
Menata ulang seluruh rumah
Salah satu hal terpenting yang perlu diingat ketika anakmu mulai berjalan adalah menata ulang seluruh rumah. Dapatkan karpet, pindahkan semua benda besar dan berat dari tarikan mereka dan pastikan jalan untuk ia belajar berjalan terasa luas, aman dan lunak.
Mengenakan alas kaki adalah suatu keharusan
Ketika balita mulai berjalan, alas kaki adalah suatu keharusan. Dalam beberapa minggu pertama langkah mereka, berlatih tanpa alas kaki untuk mendapatkan keseimbangan adalah penting. Tapi, nanti, alas kaki wajib untuk tidak terluka.
Jangan berikan baby walker
Memakai Baby walker justru mengurangi keinginan anak untuk berjalan, yang cenderung membuatnya lebih malas karena adanya alternatif yang lebih mudah. Pemakaian baby walker juga menggangu kerja otot dan bisa menguatkan otot yang salah, meskipun kedua tungkai bawah memang diperkuat, tetapi tungkai atas dan pinggul bayi tidak terlatih. 
Padahal tungkai atas dan pinggul sangat penting untuk berjalan. Penggunaan baby walker juga mengakibatkan bayi tidak dapat melihat kaki dan anak kakinya. Karena membuat bayi berdiri berjinjit dengan ujung jari kaki, otot kaki justru menjadi tegang dan bayi tidak mempelajari cara menyeimbangkan tubuh.

Sumber : Akurat.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar